PERENUNGAN

Back to HOME  –  ABOUT KANYA

Ya Allah,
Mungkin aku bukanlah hambaMu yang terkuat,,,
Namun akan kupastikan bahwa
senyumku selalu terukir
pada setiap badai yang menerjangku.
.
Ya Allah,
Mungkin aku bukanlah hambaMu yang paling berani…
Namun akan kupastikan untuk
menaklukkan setiap rasa takutku
dan terus melangkah lurus menujuMu,
tanpa peduli apapun yang merintangi.
.
Ya Allah,
Mungkin aku bukanlah hambaMu yang paling benar…
Namun akan kupastikan bahwa
setiap niat, perkataan, dan perbuatanku adalah kejujuran
walau kadang kejujuran itu menuai sejuta cerca.
.
Ya Allah,
Mungkin aku bukanlah hambaMu yang paling terhormat…
Namun akan kupastikan bahwa
setiap langkahku terlindungi batas
yang akan menjagaku dari terkoyaknya iman
.
Ya Allah,
Mungkin aku bukanlah hambaMu yang paling bijak…
Namun akan kupastikan bahwa
setiap ucapan, sikap, dan perbuatanku
selalu berada pada timbangan yang tak pernah berlebih
melainkan cukup.
.
Ya Allah,
Mungkin aku bukanlah hambaMu yang paling dermawan…
Namun akan kupastikan
setiap pemberianku pada sekitar
hanyalah atas dan demi Engkau.
.
Ya Allah,
Mungkin aku bukanlah hambaMu yang paling kaya…
Namun akan kupastikan bahwa
aku akan selalu merasa kaya
dengan semua yang kumiliki.
.
Ya Allah,
Mungkin aku bukanlah hambaMu yang memiliki wajah paling indah…
Namun aku tak kan pernah bertanya pada cermin
tentang siapa yang paling cantik atau tampan di dunia ini,
karena bagiku apapun yang Kau ciptakan di wajahku,
kurang atau lebih,
adalah kesempurnaan yang terbaik untukku.
.
Ya Allah,
Mungkin aku bukanlah hambaMu yang paling bahagia…
Namun akan kupastikan bahwa
aku tak kan pernah berhenti mensyukuri semesta
yang telah Kau ciptakan untukku.
.
Ya Allah,
Mungkin aku bukanlah hambaMu yang memiliki cinta sempurna…
Namun akan kupastikan bahwa
setiap ruang hatiku terisi dengan kasih sayang,
yang dapat menyembuhkan luka orang-orang di sekitarku,
dan memberi ketentraman.
.
Ya Allah,
Mungkin aku bukanlah hambaMu yang paling cerdas…
Namun akan kupastikan bahwa
aku selalu belajar dari kesalahan masa lalu,
dan mampu menciptakan harapan-harapan baru
yang lebih indah dan bersih.
.
Ya Allah,
Mungkin aku bukanlah hambaMu yang paling pandai menahan diri…
Namun akan kupastikan bahwa
aku mampu mengendalikan setiap nafsuku demi namaMu
dan tak kan pernah menyalahgunakannya
di jalan yang Kau murkai.
.
Ya Allah,
Mungkin aku bukanlah hambaMu yang paling pemaaf…
Namun akan kupastikan bahwa
aku tak pernah kekurangan maaf,
dan tak kan pernah membiarkan adanya dendam setitik pun
dalam hatiku.
.
Ya Allah,
Mungkin aku bukanlah hambaMu yang paling rendah hati…
Namun akan kupastikan
kepalaku selalu berada pada titik terendah
saat aku memuja dan memujiMu dalam sujud.
.
Ya Allah,
dengan semua itu…
maka bisa kupastikan
keikhlasan akan tumbuh dan menemaniku
dalam setiap ketentuanMu,
dan bisa pula kupastikan damai
akan selalu bersemayam dalam jiwa.
A b a d i.
.
Bandung, 17 Desember 2015
-Kanya Puspokusumo-

Laisser un commentaire

