Good Morning, Father Marco!

Back to HOME  –  ABOUT KANYA

Good Morning Father Marco

« Agama adalah pendalaman pemikiran, bukan semata kepatuhan tanpa memahami dan memaknai. Untuk benar-benar memahami sebuah agama, seringkali diperlukan sebuah pemikiran filosofis. Kita harus membuka ribuan lapisan; selapis demi selapis dengan pemikiran sangat mendalam, mengkaji setiap pernyataan yang ada dalam ajarannya.

Aku menemukan agamaku yang sekarang pun dengan cara berusaha mencoba berusaha keras membuka lapisan itu selapis demi selapis. Membuka dengan berpikir keras secara sangat mendalam. Dan sampai saat ini, lapisan itu belum sanggup aku buka semuanya. Dibalik satu pintu selalu masih ada pintu yang harus aku cari kuncinya untuk memahami lebih dalam lagi. Di setiap perjalanan pencarian dan usaha membuka pintu selanjutnya, pasti selalu ada peristiwa pahit yang harus aku jalani lebih dahulu. Makin lama makin berat. Sampai kadang aku merasa begitu sesak, sulit bernafas, saking beratnya. Kemudian aku masih harus terus belajar berpikir keras.

Kadang-kadang pencarian itu diselingi dengan acara terperosok, kelelahan, hampir putus asa, dan bingung. Namun ada satu hal yang semakin melekat dalam hatiku; keputusanku meninggalkan altar dan menuju mihrab adalah keputusan yang benar.

Karena pada mihrab itu aku melihat cahaya. Aku melihat cahaya lebih terang daripada cahaya yang pernah kau tawarkan padaku… »

#KutipanNovel_GoodMorningFatherMarco

Laisser un commentaire

