KISAH IBADAH

Back to HOME  –  ABOUT KANYA

Aku ingin bercerita,
tentang hamba yang tak pernah lepas beribadah; terutama shalat…
berdiri dan bersujud di jelang fajar
pun berdiri dan bersujud di empat waktu lainnya.

Namun ia berdiri dan bersujud dengan ketergesaan,
dengan pikiran yang selalu berkelana pada
segala hiruk pikuk dunia.

Saat berdiri dan bersujud itu,
ia ucapkan serangkai doa
bagai seekor burung beo yang meniru setiap ucapan tuannya
tanpa makna…

Lalu ketika semua ritual itu usai…
Dengan segera diraupnya sajadah,
lalu menyimpannya di sudut ruangan
dengan ketergesaan yang tak pernah henti…

“Ah, aku tak punya banyak waktu,” katanya
“Yang penting aku tak melalaikan kewajiban shalatku,” katanya
“Allah pasti mengerti,” katanya

Setiap hari ia lakukan semua itu dengan pola yang tak pernah berubah
Hingga akhirnya waktu benar-benar tak ada lagi baginya. ..
AJAL.

Pada hari perhitungan,
Tibalah saatnya ia berdiri di hadapan ALLAH
Ia melihat ALLAH membawa sebuah buku.
Itulah buku kehidupan yang
berisi nama-nama penghuni Jannah…

Dengan penuh sukacita ia menunggu namanya dipanggil,
Namun hingga nama terakhir,
namanya tak pernah disebut…

Dengan kebingungan ia lalu bertanya pada ALLAH,
“Ya ALLAH, aku sudah melaksanakan semua ibadahku,
terutama shalatku.
Tak pernah terlupa barang satu kali pun.
Tapi mengapa Kau tak memanggil namaku?”

Lalu ALLAH menjawab,
“Ah yaa…
Kau memang begitu rajin melakukan shalat,
tapi sudahkah shalatmu menjadi penjaga bagimu
dari segala maksiat?
Sepertinya tidak.
Kau masih mencampurkan segala ibadahmu
dengan segala maksiat yang sangat AKU murkai.
Jadi bagaimana bisa kau berharap AKU memanggilmu
untuk memasuki salah satu pintu Jannah?”

Lalu ALLAH pun melihat pada buku kehidupan sambil berkata,
“Namamu memang tak ada di sini.
Terimalah kenyataan itu..
Ya, AKU pernah akan menuliskan namamu di sini,
Namun sayangnya AKU tak punya waktu untuk menuliskannya,
Seperti halnya kau yang tak pernah punya waktu untuk beribadah
dan berbicara kepadaKU dengan benar.
AKU harap kau mengerti…”

-KANYA PUSPOKUSUMO 21/11/2014-

KisahIbadah

Laisser un commentaire

