PETUAH SENANG HATI

Back to HOME  –  ABOUT KANYA

1. Latih hati agar senantiasa bersangka baik, karena berburuk sangka hanya akan melelahkan, menyakiti, dan mengotori hati kita sendiri. Belum tentu apa yang kita persangkakan memang demikian kenyataannya.

2. Latih hati agar senantiasa bergembira dan ingat Allah ketika kita diumpat/dihina. Katakan “Alhamdulillah” ketika diumpat/dihina; karena jika umpatan/hinaan itu benar, maka ini adalah jalan bagi kita untuk memperbaiki diri dan lebih mendekatkan diri kepada Allah. Namun jika umpatan/hinaan itu tidak benar, maka akan menuai pahala Allah untuk kita.

3. Latih hati agar senantiasa bergantung pada Allah, jangan bergantung kepada manusia. Dengan demikian, kita tidak akan pernah merasa sakit hati, kecewa, marah berlebihan. Apapun yang terjadi kita akan tetap berada dalam keseimbangan yang mendamaikan hati.

4. Latih hati agar senantiasa bersyukur atas semua nikmat dan anugerah yang Allah berikan, dalam bentuk apapun. Anugerah tak selamanya berbentuk indah.

5. Latih hati agar tidak menyukai puji-pujian. Katakan “Astaghfirullah” ketika dipuji; karena jika puji-pujian itu benar, maka seringkali hanya akan menyeret kita kepada kesombongan. Namun jika puji-pujian itu tidak benar, maka kita hanya akan menjadi orang yang celaka di mata Allah. Na’udzubillahi min dzalik! …

6. Latih hati agar senantiasa memaafkan kesalahan orang lain, terutama kesalahan yang tidak ada kaitannya dengan penyelewengan aqidah.
Toh, kita tidak berhak memaksa/menuntut orang menjadi sempurna ketika kita sendiri jauh dari sempurna. Daripada sibuk menyalahkan kekurangan/kesalahan orang lain, lebih baik kita memohon ampunan kepada Allah atas kekurangan-kekurangan dan dosa-dosa kita sendiri.

Bandung, 31 Desember 2013
:::Dalam perjuangan menjadi hamba Allah yang lebih baik.
In syaa Allah.
Ampuni aku, Ya Allah…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: