AKU BELAJAR

Back to HOME  –  ABOUT KANYA

Aku belajar
bahwa aku tak bisa memaksa orang mencintaiku
Aku hanya bisa membangun diriku
menjadi orang yang pantas dicintai
Lalu kubiarkan mereka memutuskan
apakah mereka akan mencintaiku atau tidak…

Aku belajar
seberapa pun banyaknya kusebarkan rasa peduliku
tak semua orang akan membalasnya dengan kepedulian yang sama
sebagian mungkin hanya akan membenciku tanpa alasan…

Aku belajar
perlu bertahun-tahun untuk membangun sebuah kepercayaan
dan hanya perlu sedetik untuk menghancurkan kepercayaan itu…

Aku belajar
seberapa pun baiknya seorang teman
suatu waktu mereka akan menyakitiku
Dan jika hal itu terjadi
sedapat mungkin pintu maafku
akan selalu terbuka untuk mereka….

Aku belajar
bahwa hal yang penting dalam hidup adalah
bukan seberapa banyak yang kupunya
melainkan seberapa banyak aku bisa membawa
kebaikan bagi banyak orang…

Aku belajar
bahwa sebuah maaf tak selalu menjadi satu-satunya alasan
untuk menghapus kesalahan
karena maaf adalah maaf
kadang ia harus diucapkan
demi sebuah cinta kasih
kadang ia pun harus diucapkan
bahkan ketika kita tak bersalah…

Aku belajar
bahwa kita sebenarnya tak perlu
membandingkan diri kita dengan orang lain
karena setiap kita adalah unik
dengan segala kelebihan dan kekurangannya
kita hanya perlu berusaha
menjadi yang terbaik
sejauh kita bisa….

Aku belajar
bahwa begitu banyak rintangan yang harus kulalui
harus kulalui karang tajam
harus kulalui duri
yang melukaiku tanpa ampun
hanya demi sebuah tujuan hati: menjadi hamba yang dicintaiNya…

Aku belajar
bahwa cinta dan kasih sayang
adalah kata dan perbuatan yang
harus selalu diucapkan dan diekspresikan
karena mungkin
detik ini adalah detik terakhir kita bertemu dengan
orang-orang yang kita cintai dan kita sayangi…

Aku belajar
bahwa setiap perilaku kita
akan membawa konsekuensinya sendiri-sendiri
yang baik menjadi baik
yang buruk menjadi buruk
Tinggal kita yang memilih
jalan mana yang akan kita tempuh?
apa yang ingin kita raih?

Aku belajar
bahwa apapun yang kita pelajari hari ini
tentu tak kan pernah sia-sia
ia akan menjadi penerang di saat gelap
menjadi bekal dikala kelaparan
dan menjadi tongkat penunjuk arah
dikala kita tersesat….

…….

Apa yang sudah kau pelajari dalam hidup ini??

Bandung, 19 November 2013

Laisser un commentaire

