MENGAMBIL KEUNTUNGAN DARI KELEMAHAN DIRI

Back to HOME  –  ABOUT KANYA
Dear Friends,
Hmmm… judulnya kayaknya jahat banget ya? Kesannya mau manfaatin kelemahan secara negatif! Hehehe… Tapi ga kok… saya ga akan nulis yang jahat-jahat.

Saya hanya ingin sharing bahwa sesuatu yang tadinya kita anggap sebuah kelemahan diri ternyata bisa jadi keuntungan juga buat diri kita. Ternyata semuanya tergantung dari bagaimana kita menyikapi sebuah kelemahan/kekurangan itu… Mampukah kita selalu berusaha untuk berpikir positif??? (Hmmm… kalimat terakhir adalah nasehat buat diri saya sendiri juga! hehehe… soalnya kalau lagi dateng sifat jeleknya saya juga sering jadi makhluk nyebelin orang sekitar! hahaha…. maaf…. maaf…..)

Well, Mungkin udah banyak yang tau bahwa saya sakit MS (Multiple Sclerosis)….
Nah, ga lama sejak dinyatakan sakit MS (sejak tahun 2004) saya berkorespondensi (via internet) dengan sebuah lembaga Internasional yang mengurusi penyakit MS dan juga merupakan lembaga penelitian internasional untuk pengobatan MS.
Nama lembaga itu MSIF (Multiple Sclerosis International Federation). Pusatnya di London.

MSIF punya website dalam berbagai bahasa, tapi belum ada dalam bahasa Indonesia.
Melihat kenyataan ini tahun lalu saya iseng dan cenderung nekat kirim email ke Mr. Peer Banneke (CEO-nya MSIF) tentang kenapa ga bikin website versi bahasa Indonesianya dengan alasan selama ini orang Indonesia ga banyak tau tentang penyakit ini. So, kalau hanya ada dalam versi Inggris kan penyebaran infonya juga jadi terbatas. Ga semua juga orang Indonesia bisa bahasa Inggris…. Kalau ada dalam versi Indonesia….. misinya MSIF « The world without MS » kan bisa semakin cepat terwujud tuh! iya ga sih?

Nah, hanya dalam 2 hari saya mendapat e-mail balasan dari Ms. Lucy Summer, Information & Communication Manager-nya MSIF. Jawabannya bener-bener bikin saya sorak…..
Dalam e-mail itu pihak MSIF nawarin gimana kalau saya jadi translator untuk mereka supaya mereka bisa bikin website versi bahasa Indonesia sesuai usul saya waktu itu. Dan dengan jadi translator website, otomatis saya juga akan jadi translator untuk semua info-info lain yang dikeluarkan MSIF lewat berbagai media.
Wow! Thank God! Ini kesempatan bagus banget. Asik banget kan bisa jadi translator resmi sebuah lembaga Internasional! Bener-bener ga pernah ngira bakal dikasih kesempatan sebagus ini sama Tuhan. Thank You, God! THANK YOU!
Langsung deh saya terima kesempatan itu.
Nah… kerjasama dengan MSIF ternyata ga berakhir sampai di situ aja, semakin lama semakin banyak kesempatan yang MSIF berikan sama saya. Mulai dari dipromosikan jadi profile of the month-nya mereka sampai permintaan untuk secara tetap mengisi majalahnya mereka, MS in Focus dengan tulisan atau review buku. Dan terakhir, saya diminta untuk berkontribusi (berupa sumbangan tulisan juga) dalam proyek mereka bersama WHO yang hasilnya akan dipublikasikan ke seluruh dunia. Dan… banyak lagi deh pokoknya kesempatan bagus yang mereka berikan sama saya….
Selain untuk keuntungan pribadi seperti yang saya sebutkan di atas, MSIF (melalui Zoe Burr, International Development Manager-nya MSIF) memberi kesempatan juga sama saya untuk membangun lembaga MS di Indonesia. Sejak itu, mulailah saya ‘bergerilya’ sendirian mencari cara dan mencari orang-orang yang mau membantu tanpa pamrih untuk mewujudkan organisasi ini. Sempat juga harus terima kenyataan diremehin atau diketawain dan dianggap tukang mimpi sama orang. Pokoknya diremehin abis deh. But Thank God, setelah berbulan-bulan kerja keras dan ga peduli sama omongan orang yang bisa bikin mental jatuh, akhirnya saya bertemu juga dengan beberapa orang yang percaya bahwa misi dan visi yang saya bawa bukanlah sesuatu yang remeh. Akhirnya tanggal 6 April 2008 resmi terbentuklah Indonesia Multiple Sclerosis Group (IMSG)Organisasi kami masih baru berdiri, tapi saya yakin, dengan bantuan teman-teman yang setia dan tulus (Terima kasih ya Temans!) membantu saya, sebentar lagi organisasi ini akan menjadi organisasi besar, dan Insya Allah mampu membantu orang lain sesuai dengan tujuan organisasi.
O ya, website hasil terjemahan saya juga udah di publish di website MSIF sejak bulan Mei 2008 yang lalu, dan bisa dibaca di http://www.msif.org/in/

Friends,
Dari pengalaman saya ini…. mungkin bisa diambil hikmahnya gini… Kadang kita ngerasa punya kelemahan yang bikin kita ga percaya diri. Mungkin kelemahan itu berupa sakit kayak saya, atau kelemahan lain…. Namun, sebelum kita mengeluh tentang kelemahan diri itu, mendingan liat lagi deh baik-baik ke dalam diri kita…. benarkah kelemahan itu hanya akan jadi penghambat hidup??? Benarkah kelemahan itu ga bisa kita balikkan menjadi potensi positif???

Dalam kasus saya…. saya sakit MS… kalau saya mikir negatif, mungkin saya ga akan bisa kerja, murung melulu di rumah, menyesali diri, bahkan mungkin menyesali Tuhan yang udah kasih penyakit ini. But, NO WAY! Saya ga mau seperti itu….
Saya boleh aja sakit, tapi saya tetap harus bisa menghasilkan sesuatu yang berguna buat saya sendiri, keluarga saya, dan orang lain. Itu prinsip saya.
Saya melihat penyakit MS saya sebagai sebuah keuntungan… Gimana caranya? Saya kombinasikan kelemahan saya dengan kemampuan saya menulis dan menguasai beberapa bahasa asing…. Keuntungannya?? Logis aja deh, penulis dan translator sebuah naskah yang mempunyai pengalaman langsung tentang isi naskah yang ditulis/diterjemahkan tentu hasilnya akan jauh lebih ‘bermakna’ dibandingkan dengan penulis/translator yang ga punya pengalaman seperti naskah yang dia tulis/terjemahkan!
Dengan kata lain, penulis/translator naskah website tentang MS yang ga pernah sakit MS pasti ga akan bisa benar-benar menangkap nuansa bahasa yang harus disampaikan dari Bahasa Asal ke Bahasa Sasaran. Lain halnya jika dibandingkan dengan penulis/translator yang punya latar belakang sakit MS…. dia pasti akan sangat bisa menangkap nuansa bahasa yang harus disampaikan, hingga informasi pun pasti bisa lebih tersampaikan secara akurat dan dengan pemaknaan yang benar.
That’s the strong point!Itu baru keuntungan sederhana yang saya peroleh akibat penyakit saya. Masih banyak yang lainnya yang mungkin ga perlu saya sebutin di sini…. Pokoknya kesempatan yang cool dan top abizzzzzz deh!

See, kalau kita punya kelemahan, mungkin nasehatnya adalah (ini nasehat buat saya juga!) Don’t ever lose your hope! dan… mempunyai kelemahan bukan berarti kita ga berdaya…. jadikan saja kelemahan itu daya dan dasar bagi pengembangan potensi lain yang kita miliki!
Ok, friends?
Keep live in hope!

Laisser un commentaire

